Lawang (MTsN 3 Malang). Bertempat di aula multi guna, Kamis (10/12) seluruh guru MTsN 3 Malang mengikuti sosialisasi Asesmen Kompetensi Minimal (AKM), Selain kegiatan sosialisasi bagi guru, seluruh siswa MTsN 3 Malang juga mendapatkan sosialisasi praktik secara langsung melalui try out yang dilaksanakan secara daring dari rumah masing-masing.
Kepala MTsN 3 Malang menyampaikan bahwa kegiatan tersebut bertujuan sebagai pengenalan kepada guru untuk mempersiapkan siswa dalam menghadapi evaluasi berbentuk AKM, dimana secara umum AKM yang digadang-gadang akan menjadi pengganti dari Ujian Nasional yang selama ini menjadi salah satu Asesmen Nasional. Ditambahkan oleh Warsi, bahwa selain sosialisasi kepada guru, siswa juga diwajibkan untuk mengikuti try out, yang bukan hanya terbatas pada siswa semester 5 yang akan menghadapi AKM, namun juga pada siswa semester 1 dan 3, hal tersebut bertujuan sebagai upaya pengenalan sejak dini AKM, jelas Warsi.
Senada dengan kamad, Suharto selaku pengawas MTsN 3 Malang yang juga sebagai pemateri sosialisasi sekaligus memberikan pembinaan, menjelaskan bahwa sosialisai AKM saat ini sangat penting sebagai pengenalan kepada guru. Dilanjutkan oleh Suharto, bahwa kedepannya minimal guru bisa menyiapkan evaluasi serupa dengan konsep AKM yang disertai dengan literasi, namun perlu ditekankan bahwa AKM bukan asasmen kompetensi mata pelajaran akan tetapi minimal, bersumber pada seluruh konten pada madrasah yang berasal dari seluruh numerik, literasi teks fiksi, dan literasi teks informasi.
Pramujianto selaku pemateri utama menjelaskan menurut studi nasional & internasional bahwa tingkat literasi siswa Indonesia masih rendah, hasil PISA 2012 memaparkan mayoritas siswa usia 15 tahun belum memiliki literasi dasar membaca, matematika dan sains. Anak-anak Indoensia tidak akan berdaya saing bila di sekolah mereka tak dilatih kecakapan hidup abad 21. Selanjutnya Pramujianto mengungkapkan bahwa asesmen nasional mendorong mengembangkan sikap, values, dan perilaku yang mencerminkan Pancasila, tutur Pramujianto. (abft)